ESTIANA, 125060155 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (165kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas IV SDN Culamega Kabupaten Bandung masih banyak yang merasa kurang semangat dan cenderung pasif ketika pembelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang kurang memuaskan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan dan pelaksanaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning materi masalah-masalah sosial pada pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Culamega yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan hasil tes. Data hasil observasi yang terdiri dari hasil observasi kinerja guru, lembar kerja siswa, angket siswa serta soal pretes dan postes untuk mengukur keberhasilan dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan ke-1, siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 22 siswa dengan presentase 62,86 % dibawah KKM, selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-2 sebesar 100% siswa mencapai KKM yang telah ditentukan. Presentase keberhasilan hasil belajar siswa selama penelitian ini sebesar 80,15%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada topik masalah-masalah sosial di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya di pembelajaran IPS. Kata kunci: Problem Based Learning dan Hasil Belajar. APPLYING MODEL OF PROBLEM BASED LEARNING
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 19:11 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 19:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9728 |
Actions (login required)
View Item |