LEKA SUPINAH, 122010031 (2016) PENGARUH PERILAKU ORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (studi Kebijakan :Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Bidang Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
1.COVER SKRIPSI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
4.ABSTRAK,.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (387kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada Bidang Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung diperoleh keterangan bahwa kualitas pelayanan masih rendah. Hal ini terlihat dari indikator sebagai berikut: kurangnya daya tanggap yang dimiliki pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam melayani masyarakat kurangnya rasa empati yang dimiliki pegawai dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menduga disebabkan oleh : sebagian pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni dalam memberikan penjelasan informasi masih dipandang tidak efektif kepada masyarakat. Bahwa setiap pegawai memiliki kebutuhan yang berbeda sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data kepustakaan , lapangan yang meliputi observasi non partisipan wawancara dan angket yang diserahkan kepada pegawai di bidang pencatatan sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Kota Bandung 22 Responden dan 13 responden masyarakat yang akan mengurus akta kelahiran. Hasil analisis berdasarkan uji menunjukan bahwa terdapat pengaruh perilaku organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di bidang pencatatan dinas kependudukan dan catatan Sipil dengan studi kasus pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Bandung sebesar 91,3% dan dikatakan terdapat pengaruh yang erat dan searah, sehingga dapat dikatakan apabila perilaku organisasi berjalan dengan baik maka kualitas pelayanan publik akan baik pula, begitu pun sebaliknya apabila kualitas pelayanan publik berjalan dengan baik maka perilaku organisasi akan baik. Dengan hasil pengaruh sebesar 91,3 %ini menunjukan hubungan yang signifikan. Hambatan yang dihadapi antara lain sumber daya manusia yang belum profesional , hal ini karena ketidak merataan kemapuan yang dimiliki pegawai dan sarana prasarana yang kurang menunjang dalam pelaksanaan kerja sehingga berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang dihasilkan pegawai. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dilakukan pendidikan dan pelatihan kepada pegawai dengan tujuan meningkatkan kemampuan pegawai dalam pelaksanaan kerja dan agar dinas berusaha untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat untuk membangun ruang tunggu yang cukup besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2016 |
Depositing User: | Irawan Whibiksana |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 15:35 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 15:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9627 |
Actions (login required)
View Item |