Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Strategi Konflik Kognitif Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) dengan Sikap Siswa sebagai Variabel Intervening (Suatu Penelitian Mixed Method Tipe Concurrent Embedded Model)

NANDANG ARIF SAEFULOH, NPM. 138060015 (2015) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Strategi Konflik Kognitif Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) dengan Sikap Siswa sebagai Variabel Intervening (Suatu Penelitian Mixed Method Tipe Concurrent Embedded Model). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
0 Abstrak.docx

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (15kB)
[img] Text
1 Bab 123 after.docx

Download (208kB)

Abstract

Soal matematika yang berbentuk kontekstual menyulitkan siswa dalam penyelesaiannya, walau begitu, soal tersebut diperlukan untuk melatih level kognitif siswa, lebih jauh, pada soal kontekstual, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif, yang hal tersebut menjadi fokus pembelajaran matematika oleh banyak ahli pendidikan matematika. Desain penelitian ini adalah metode gabungan (mixed method) dengan Concurrent Embedded Model. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP YPU Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data tes awal, tes akhir, dan gain ternormalisasi kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematik, serta terhadap data tes kedua kelompok dilakukan uji perbedaan rerata antara dua populasi dan ANOVA dua jalur. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan strategi konflik kognitif dengan pendekatan PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif pendekatan PBL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional yang diukur dari KAM siswa, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif pendekatan PBL sama dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional yang diukur dari KAM siswa, dan terdapat korelasi yang positif antara kemampuan pemecahan masalah dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif pendekatan PBL dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta sikap siswa positif terhadap pembelajaran dengan pembelajaran konflik kognitif pendekatan PBL. Kata kunci: Strategi konflik kognitif pendekatan PBL, Pemecahan Masalah Berpikir Kreatif, Kemampuan Awal Matematik (KAM).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Aug 2016 15:19
Last Modified: 29 Aug 2016 15:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9573

Actions (login required)

View Item View Item