PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

ROSNAYATI, NPM. 138060032 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
3. Abstrak.doc

Download (31kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.docx

Download (36kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (48kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (52kB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar dan kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup desigh, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penerapan model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika serta angket motivasi belajar matematika dengan skala likert. Analisis data menggunakan metode Mixed Method Embedded Konkuren. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan Problem Based Learning lebih baik daripada siwa dengan pembelajaran ekspositaori dilihat dari Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa, 2) Motivasi berprestasi belajar matematika siswa yang menggunakan Problem Based Learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori, 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan belajar matematika siswa dengan kemampuan pemecahan matematika siswa. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar dan Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Aug 2016 14:42
Last Modified: 25 Aug 2016 15:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9544

Actions (login required)

View Item View Item