RICKY KURNIAWAN, 115060073 (2016) UPAYA MENINGKATAKAN INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (133kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR ISI DI.docx Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI PTK ACC.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI PTK ACC.docx Download (78kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI PTK ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI PTK ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI PTK ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada guru harus menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana interaksi mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga perubahan tingkah laku dan persentase dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA tentang bumi dan alam semesta. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan metode pembelajaran yang bervariatif dan melibatkan siswa secara secara aktif. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam II siklus. Proses penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan penelitian sebagai mitra penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 5 Gantung Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan Tes dan Non Tes dengan jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan interaksi dan hasil belajar setiap siklusnya, apabila pencapaian secara klasikal jumlah siswa yang telah mencapai KKM minimal sebanyak 85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Interaksi dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 18:47 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 18:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9294 |
Actions (login required)
View Item |