An- Nissa Mayasaphira Eka Pertiwi, 115060287 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1 COVER SKRIPSI.docx Download (151kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN anisa.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
3 MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR..docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
6 UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
7 ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
8 ABSTRAK INGGRIS.docx Download (14kB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (65kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA lagi .docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam pada siswa kelas IV SDN Inpres Biru dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Model CTL ini lebih menekankan kepada “real word learning”, sehingga memudahkan siswa untuk memahami konsep yang diajarkan. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Inpres Biru Kabupaten Bandung. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 49 orang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sangat baik untuk pemahaman konsep yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 75. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 pemahaman konsep siswa mencapai 61,2% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 81,6%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 67,34% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 85,71%. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPS dengan menerapkan model CTL, karena penggunaan model ini menitikberatkan kepada keaktifan siswa (student centered) sebagai subjek untuk mencari dan menemukan informasi dalam proses pembelajaran, selain itu dalam pembelajarannya model ini selalu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam di kelas IV SDN Inpres Biru Kabupaten Bandung. Kata Kunci: model CTL, pemahaman konsep, hasil belajar, pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Aug 2016 14:44 |
Last Modified: | 13 Aug 2016 14:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8844 |
Actions (login required)
View Item |