Rika Pujiastuti Kurnia, 115060174 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM WILAYAH INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (68kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (13kB) |
|
Text
abstract.docx Download (13kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Materi Kenampakan Alam Wilayah Indonesia”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa sehingga masih ada siswa yang belum tuntas mencapai KKM. Di dalam penelitian ini menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase rata-rata sikap percaya diri siswa mencapai 63,88% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 86,4% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori baik sekali. Hasil Belajar siswa yang tuntas mencapai KKM pada siklus I sebanyak 19 siswa atau sebesar 52,87% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 17 siswa atau sebesar 47,22%. Pada siklus II semua siswa telah tuntas mencapai KKM atau sebesar 100% dari 36 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SDN Muararajeun pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam wilayah Indonesia. Kata Kunci : Project Based Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Aug 2016 13:30 |
Last Modified: | 13 Aug 2016 13:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8838 |
Actions (login required)
View Item |