PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KETELITIAN SERTA HASIL BELAJAR SISWA

ATIK NURWANTI, 115060144 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KETELITIAN SERTA HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (56kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
4. MOTO dan PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
3. Pernyataan keaslian skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
7. Abstrak.docx

Download (22kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
6. Ucapan terimakasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
12. BAB 1.docx

Download (41kB)
[img] Text
13. BAB 2.docx

Download (147kB)
[img] Text
14. BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
15. BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
16. BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
23. RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)

Abstract

Penelitian Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan ketelitian serta hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis pada mata pelajaran matematika pada materi Sifat-sifat Operasi Hitung. Pembelajaran yang diberikan secara konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif sehingga rasa ingin tahu siswa serta ketelitian rendah dan berdampak pada hasil belajarnya pula. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan dua siklus. Pada setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, angket, wawancara dan lembar test. Perencanaan tindakan dengan menggunakan model Problem Based Learning menekankan pada pengoptimalan kemampuan berfikir kritis dan mengembangkan kemampuan berfikirnya untuk mencari solusi dari suatu masalah. Penilaian RPP dengan rubrik RPP pada siklus I memiliki persentase 91% dan siklus II 100%. Penilaian pelaksanaan pembelajaran meningkat setiap pertemuannya dari pertemuan pertama 86% dan meningkat menjadi 100% di pertemuan terakhir. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang memuaskan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil postest siklus I dengan persentase sebesar 74% dan siklus II 89%. Pertumbuhan sikap rasa ingin tahu pada siklus I sebesar 53% meningkat pada siklus II menjadi 88%. Pertumbuhan sikap ketelitian pada siklus I 58% dan siklus II 95%. Respon siswa pada pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan respon positif. Dengan demikian, penerapan model Problem based learning dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu, ketelitian dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran matematika. Kata kunci: Problem Based Learning, Rasa Ingin Tahu, Ketelitian dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Aug 2016 15:18
Last Modified: 12 Aug 2016 15:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8684

Actions (login required)

View Item View Item