Sayes Carolinie, 115060031 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENEMUKAN PIKIRAN POKOK TEKS MELALUI METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DI KELAS IV SDN 4 SIJUK UPTD KABUPATEN BELITUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER 2.docx Download (196kB) |
|
Text
moto.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI fiks baru.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
BAB I final.docx Download (83kB) |
|
Text
BAB II baru.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
BAB IV titin.docx Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
riwayat hidup sayes.docx Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul Upaya Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menemukan Pikiran Pokok Teks melalui Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sijuk Belitung kabupaten belitung pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 31 orang. Kemampuan menguasai materi yang masih rendah serta kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dari permasalahan di atas, fokus penelitian yaitu penggunakaan metode pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan kurangnya kemampuan menguasai materi serta minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia diakibatkan cara belajar yang cenderung membosankan. Penelitian yang dilakukan adalah PTK ( Action Research Class Room ) penelitian tindakan kelas ini berlangsung 2 siklus, tiap siklus terdiri atas beberapa tahap yakni perencanaan,pelaksanaan dan observasi, dan analisis serata refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Creative Problem Solving (CPS) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Menemukan Pikiran Pokok Teks yang dilakukan di kelas IV SDN 4 Sijuk Kabupaten Belitung Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat meningkatkan hasil belajar dan kerja sama siswa secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I lembar kerja peserta didik 64,51 (64,51%) dan siklus II menjadi 84,67 (84,67%) terjadi peningkatan pada skor rata-rata lembar kerja peserta didik siklus I dan siklus II sebesar 20,16 (20,16%) adanya peningkatan hasil belajar siswa dan kerja sama tersebut menggambarkan keberhasilan suatu peneliti. Kata Kunci : Metode Creative Problem Solving (CPS), hasil belajar dan kerja sama.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 19:18 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 19:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8590 |
Actions (login required)
View Item |