HARFIN MASPRIANTI, 115060261 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (155kB) |
|
Text
Bagian Awal.docx Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
BAB I OK.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB II OK.docx Download (167kB) |
|
Text
BAB III OK.docx Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
BAB IV OK.docx Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
BAB V OK.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri Sukamaju Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang tidak mencapai KKM, dikarenakan pada proses pembelajaran guru sering menggunakan metode ceramah. Sehingga sikap percaya diri siswa tidak terlihat yang pada akhirnya berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS materi lingkungan alam. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui sikap percaya diri siswa pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai akhir peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I sikap percaya diri siswa dalam belajar memiliki kriteria cukup dengan persentase nilai akhir 61,75%, pada siklus II memiliki kriteria baik dengan persentase nilai akhir 87,50%. sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memiliki kriteria baik dengan persentase nilai akhir 79,40% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase nilai akhir 81,25% dan memiliki kriteria baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan model Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada materi lingkungan alam di kelas III SD Negeri Sukamaju. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 15:15 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 15:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8396 |
Actions (login required)
View Item |