Irham Noorrakhman Ismail, 115060137 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.doc Download (56kB) |
|
Text
Lembar pengesahan-1.doc Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
Motto dan Persembahan.doc Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI-1.doc Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
daftar isi-1.doc Download (153kB) |
|
Text
bab I.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
BAB IV.doc Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
BAB V.doc Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP-1.doc Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan ketelitian dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang materi Keanekaragaman suku bangsa an budaya dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijawura Bandung yang berjumlah 41 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah (PTK) penelitian tindakan kelas, skor yang dikumpulkan data skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran,data skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, data nilai hasil belajar siswa. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah teknik observasi langsung, lembar angket dan alat pengumpul data pada observasi langsung adalah tes tertulis pretest, postes dan penilaian kemampuan Ketelitian. Hasil penelitian skor kemampuan guru merencakan pembelajaran pada siklus I adalah 3.25, sedangkan pada siklus II adalah 3.75. Skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3.33 sedangkan pada siklus II adalah 3.63. Nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pretes siklus I adalah 14,6% sedangkan nilai hasil belajar Pesera didik pada siklus II adalah 92,7 %. Sedangkan penilaian Keteitian Peserta didik pada siklus I adalah 62,6% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,5%. Dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan Ketelitian dan hasil belajar Peserta didik kelas IV SDN Cijawura Bandung. Kata kunci: Keteitian dan Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Problem Based Learning,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 12:44 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 12:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8272 |
Actions (login required)
View Item |