Manulang, Murdani (2025) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU PENAGIH HUTANG PINJAMAN ONLINE DENGAN ANCAMAN KEKERASAN DALAM PERSFEKTIF PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
Murdani Manulang.docx Download (140kB) |
Abstract
Manajemen rumah sakit memiliki peran strategis dalam memastikan pelayanan kesehatan yang efektif, efisien, dan berkualitas, terutama bagi pasien BPJS yang jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS di RSUD Soreang, meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan layanan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD Soreang telah melakukan inovasi pelayanan seperti sistem antrian online, peningkatan sarana-prasarana, penambahan tenaga medis, dan optimalisasi alur pelayanan. Namun ditemukan pula beberapa kendala seperti overcrowded pasien BPJS, keterbatasan SDM, serta lamanya waktu tunggu pelayanan. Penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan pelayanan BPJS membutuhkan sinergi antara manajemen, tenaga medis, dan sistem teknologi informasi yang terintegrasi. Kata kunci: Manajemen rumah sakit, pelayanan kesehatan, BPJS, RSUD Soreang.
| Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
|---|---|
| Subjects: | RESEARCH REPORT |
| Divisions: | Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2025 |
| Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:16 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
