IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HARAPAN LAMA SEKOLAH DI KABUPATEN SUMEDANG IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HARAPAN LAMA SEKOLAH DI KABUPATEN SUMEDANG

ANYE WIDURI (2025) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HARAPAN LAMA SEKOLAH DI KABUPATEN SUMEDANG IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HARAPAN LAMA SEKOLAH DI KABUPATEN SUMEDANG. Thesis(S2) thesis, PASCASARJANA UNPAS.

[img] Text
Artikel Jurnal Tesis_Anye Widuri.docx

Download (50kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini didarkan pada belum efektifnya implementasi kebijakan dalam Upaya meningkatkan harapan lama sekolah di Kabupaten Sumedang. Penelitian ini difokuskan pada implementasi kebijakan pendidikan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam upaya meningkatkan Harapan Lama Sekolah (HLS), khususnya dilihat dari aspek (1) standar dan tujuan kebijakan, yang menjadi pedoman dan ukuran keberhasilan implementasi; (2) sumber daya, baik sumber daya manusia, keuangan, maupun sarana prasarana yang mendukung proses pelaksanaan; (3) komunikasi antarorganisasi dan aktivitas pelaksana, yang menentukan sejauh mana kebijakan dapat diterjemahkan secara tepat di tingkat operasional; (4) karakteristik agen pelaksana, termasuk struktur birokrasi, kompetensi, dan komitmen pelaksana; (5) kondisi sosial, ekonomi, dan politik, yang memengaruhi dukungan serta stabilitas lingkungan implementasi; dan (6) disposisi atau sikap pelaksana, yang menggambarkan kesediaan dan motivasi para pelaksana dalam menjalankan kebijakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses implementasi kebijakan pendidikan, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta merumuskan strategi yang tepat dalam peningkatan harapan lama sekolah di Kabupaten Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan model penelitian bersifat deskriptif analitik. Pengambilan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap berbagai informan kunci, yaitu Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Bappppeda, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sumedang , Kepala Sekolah terpilih, dan Dewan Pendidikan Kabupaten Sumedang. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trialingulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pendidikan di Kabupaten Sumedang telah berjalan efektif didukung oleh komitmen Pemerintah Daerah, sinergi antarlembaga, serta pemanfaatan teknologi informasi. Namun, terdapat sejumlah hambatan seperti keterbatasan anggaran, ketimpangan kualitas guru, serta akses pendidikan yang belum merata di wilayah perdesaan. Strategi yang diterapkan pemerintah meliputi pembangunan sekolah baru, penyediaan beasiswa, pelatihan guru, dan digitalisasi sistem pendidikan. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa keberhasilan implementasi kebijakan sangat bergantung pada sinergi antaraktor kebijakan dan dukungan sumber daya yang berkelanjutan. Peneliti menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Sumedang memperkuat kebijakan pemerataan mutu dan akses pendidikan di daerah terpencil serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung pendidikan. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan, Harapan Lama Sekolah

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:32
Last Modified: 04 Nov 2025 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81691

Actions (login required)

View Item View Item