Project Based Learning Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa SMA

Beny Subiantoro (2025) Project Based Learning Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa SMA. Thesis(S2) thesis, PASCASARJANA UNPAS.

[img] Text
Artikel_PjBL_FC_Beny_Subiantoro.docx

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Project Based Learning berbasis Flipped Classroom (PjBL-FC) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa SMA, ditinjau dari interaksi sosial. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan Embeded desain, melibatkan siswa kelas X SMAN 1 Nyalindung Kabupaten Sukabumi semester genap tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self-confidence, dan angket interaksi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL-FC memberikan peningkatan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Selain itu, terdapat hubungan positif antara interaksi sosial dan self-confidence, di mana siswa dengan tingkat interaksi sosial yang tinggi menunjukkan kepercayaan diri dan kemandirian belajar yang lebih baik. Pembelajaran PjBL-FC mampu menciptakan pengalaman belajar yang kolaboratif, reflektif, dan berorientasi pada penguatan karakter akademik siswa. Kata kunci: Project Based Learning, Flipped Classroom, Pemecahan Masalah matematis, Self-Confidence, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:45
Last Modified: 30 Oct 2025 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81656

Actions (login required)

View Item View Item