Beny Subiantoro (2025) Project Based Learning Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa SMA. Thesis(S2) thesis, PASCASARJANA UNPAS.
|
Text
Artikel_PjBL_FC_Beny_Subiantoro.docx Download (43kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Project Based Learning berbasis Flipped Classroom (PjBL-FC) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa SMA, ditinjau dari interaksi sosial. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan Embeded desain, melibatkan siswa kelas X SMAN 1 Nyalindung Kabupaten Sukabumi semester genap tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self-confidence, dan angket interaksi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL-FC memberikan peningkatan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Selain itu, terdapat hubungan positif antara interaksi sosial dan self-confidence, di mana siswa dengan tingkat interaksi sosial yang tinggi menunjukkan kepercayaan diri dan kemandirian belajar yang lebih baik. Pembelajaran PjBL-FC mampu menciptakan pengalaman belajar yang kolaboratif, reflektif, dan berorientasi pada penguatan karakter akademik siswa. Kata kunci: Project Based Learning, Flipped Classroom, Pemecahan Masalah matematis, Self-Confidence, Interaksi Sosial
| Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
|---|---|
| Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025 |
| Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:45 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:45 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
