HANAFI DWI, 215050028 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
ABSTARK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan pembelajaran matematika khususnya pada jenjang SMA. Namun pada kenyataannya, kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence siswa masih tergolong rendah. Penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan Quizizz menjadi alternatif Solusi untuk meningkatkan kedua aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan Quizizz lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah Selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan Quizizz lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan Quizizz. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung. Sampel penelitiannya, kelas XI F7 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan Quizizz dan kelas XI F6 sebagai kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan berpikir kritis matematis serta angket Self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Quizizz lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Quizizz lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Quizizz. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis matematis, Self-confidence, model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), model pembelajaran CORE, Quizizz
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 01:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 01:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |