FIKRY FATASSIDQI GEMILANG, 085060097 (2016) PENERAPAN MODEL PJBL UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP CERMAT DAN TELITI DALAM MEMBUAT POSTER TENTANG MANFAAT AIR DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover skripsi.docx Download (30kB) |
|
Text
kata pengantar.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
Bab 1.docx Download (20kB) |
|
Text
Bab 2.docx Download (80kB) |
|
Text
Bab 3.docx Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
bab 4.docx Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
bab 5.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
daftarpustaka.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap cermat dan teliti pada dalam membuat poster dengan Model Project Based Learning pembelajaran tematik, Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema Macam-macam Peristiwa Dalam Kehidupan pembelajaran 3 dan 4. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Rancagede Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung dan di latar belakangi kurangnya sikap cermat dan teliti peserta didik selama proses pembelajaran karena guru lebih sering menggunakan Metode Ceramah dan belum menggunakan Model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model Project Based Learning yang terdiri atas 5 sintaks tahap pembelajaran yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kemampuan siswa selama proses kerja ilmiah yang di lakukan secara berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan kerja ilmiah, pada siklus 1 hanya 2 kelompok yang tuntas atau 50% kelompok yang tuntas dan pada siklus 2 meningkat semua kelompok tuntas atau 100% kelompok tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan sikap cermat dan telitimau pada individu maupun pada kelompok siswa dalam percobaan membuat poster pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema Macam-macam Peristiwa Dalam Kehidupan pembelajaran 3 dan 4 di kelas V SDN Rancagede Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Dengan demikian, penggunaan model Project Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Tematik. Kata kunci: Project Based Learning, menumbuhkan sikap cermat dan teliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 15:02 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 15:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8145 |
Actions (login required)
View Item |