ERMA MONARISKA, NPM. 128612005 (2014) PENGGUNAAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI DAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MATEMATIKA SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
ABSTRAK ERMA.doc Download (97kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB I SIAP PRINT.doc Download (103kB) |
|
Text
BAB II SIAP PRINT.doc Download (115kB) |
Abstract
Pembelajaran didunia pendidikan saat ini sangat membutuhkan hal yang merangsang siswa aktif. Siswa dituntut mampu menyelesaikan masalah sendiri, mampu merangsang keinginannya sendiri serta mampu untuk berfikir tingkat tinggi . Cara yang harus dilakukan adalah sejauh mana kita membiarkan siswa berkembang sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Mereka mampu belajar sendiri dan tidak terlalu bergantung dengan sumber atau bantuan lainnya. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan berfikir tingkat tinggi siswa adalah pembelajaran dengan penggunaan Self Regulated Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menelaah dan menganalisis kemampuan belajar mandiri dan berfikir tingkat tinggi siswa dengan penggunaan Self Regulated Learning, (2) mendeskripsikan kemampuan belajar mandiri dan berfikir tingkat tinggi siswa antara yang menggunakan Self Regulated Learning dan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan strategi embeded. Populasi penelitian ini kelas VIII SMPN 3 Cikalongkulon. Sampel penelitian ini adalah dua kelas dari kelas VIII SMPN 3 Cikalongkulon yang dipilih secara purposif (bertujuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berfikir tingkat tinggi matematik, angket belajar mandiri, dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) penggunaan Self Regulated Learning dapat meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan berfikir tingkat tinggi siswa, (2) kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penggunaan Self Regulated Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) kemampuan belajar mandiri siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penggunaan Self Regulated Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (4) Kemampuan analisis siswa sudah cukup baik, sebagian besar siswa sudah mampu menganalisis informasi yang masuk dan membagi-bagi atau menstrukturkan informasi ke dalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungannya, mampu mengenali serta membedakan faktor penyebab dan akibat dari sebuah skenario yang rumit, dan telah mampu mengidentifikasi/ merumuskan pertanyaan. Kemampuan siswa dalam mengevaluasi dalam kategori baik. Siswa telah mampu memberikan penilaian terhadap solusi, gagasan, dan metodologi dengan menggunakan kriteria yang cocok atau standar yang ada untuk memastikan nilai efektivitas atau manfaatnya. Siswa juga telah mampu membuat hipotesis, mengkritik dan melakukan pengujian walaupun dengan cara pengujian dengan memasukkan beberapa variabel uji. Soal yang diberikan juga berhasil menimbulkan kemampuan mengkreasi dengan cara membuat beberapa strategi dalam menyelesaikan masalah. (5) Terdapat asosiasi yang signifikan antara kemampuan belajar mandiri dan berfikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: Self Regulated Learning, belajar mandiri, berfikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 15:11 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 15:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8101 |
Actions (login required)
View Item |