TRIANI SETIAWATI, 115060118 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (60kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (49kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana pada siswa kelas V di SDN Pasawahan 05 Kabupaten Bandung dengan menggunakan metode mind mapping. Hal tersebut didasari oleh kurangnya kemampuan selama pembelajaran berlangsung yang berimbas pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang dilakukan selama dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik nontes untuk mengetahui aktivitas siswa dan aktivitas kinerja guru/peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II bahwa, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 32%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 95%. Oleh karena itu, penggunaan metode mind mapping sangat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis dialog sederhana pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini disebabkan dalam metode pembelajaran mind mapping siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menerima keragaman, dan dapat mengembangkan kemampuan sosial. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini bahwa metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis dialog sederhana pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Kemampuan menulis dialog sederhana, metode mind mapping.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 18:45 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 18:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8056 |
Actions (login required)
View Item |