Winengsih, Siti Saadah (2025) Pengaruh Good Governance Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Bandung. Dinamika jurnal ilmiah ilmu administrasi negara, 12 (2). pp. 421-433. ISSN 23562269
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover Saadah .pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
20437-75175-1-PB 2.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN adaw .pdf Download (140kB) |
Abstract
Penerapan Tata Kelola yang Baik (Good Governance) dalam kinerja pegawai di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung menunjukkan bahwa Tata Kelola yang Baik (Good Governance) yang efektif dapat mendorong pegawai untuk memberikan kinerja terbaiknya, serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif. Permasalahan terkait pengaruh Tata Kelola yang Baik (Good Governance) terhadap kinerja pegawai di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung terlihat pada indikator ketepatan waktu, dimana pegawai kurang memperhatikan kepatuhan waktu dan efisiensi kerja dalam pelaporan unit kerja pegawai. Hal ini disebabkan Tata Kelola yang Baik (Good Governance) belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan karakteristik utama Tata Kelola yang Baik (Good Governance), antara lain stabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanatori dengan analisis kuantitatif, dan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling yang disebarkan kepada 51 responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Tata Kelola yang Baik (Good Governance) memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap kinerja pegawai di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung. Kendala yang dihadapi Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung antara lain: informasi yang disampaikan oleh kepala subbagian kepada pegawai kurang jelas, kurangnya ketegasan pimpinan instansi atau subbagian dalam memastikan pegawai menyelesaikan tugas tepat waktu, dan kurangnya kerjasama antar pegawai karena masih berfokus pada penyelesaian tugas secara individu. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut antara lain: kepala subbagian perlu memberikan arahan dan pelatihan yang lebih jelas kepada pegawai untuk meningkatkan kinerja, kepala subbagian dan kepala bagian perlu lebih tegas dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pegawai agar tugas dapat diselesaikan tepat waktu, dan kepala instansi atau departemen perlu lebih memperhatikan tugas masing-masing pegawai sesuai dengan tanggung jawabnya agar tidak terjadi lempar tanggung jawab pekerjaan kepada pegawai lain. Kata Kunci: Tata Kelola yang Baik, Kinerja Pegawai
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | JOURNAL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2025 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 01:42 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 01:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |