INDRIANI PUTRI PINANGGIH, AP, 115060069 (2016) PENGGUNAAN METODEINSIDE – OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SD TENTANG SEJARAH PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA PADA SISWA KELAS V. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (45kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
moto dan persembahan.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (280kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
Abstract
Penelitian dengan menggunakan metode Inside-Outside Circle ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran IPS SD tentang sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan dan kemampuan pemahaman terhadap metode pembelajaran di SDN Linggabudi Kota Cimahi melalui metode Inside-Outside Circle. Karena dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah atau teacher centered yang bersifat konvensional membuat keaktifan siswa menjadi rendah.Hal tersebut dapat didasari karena kurang pahamnya siswa dalam pembelajaran karena menggunakan metode ceramah. Desain penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus, dengan ketentuan satu siklus dua kali tindakan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap proses pelaksanaan metode pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaan metode Inside-Outside Circle tentang sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda yang telah dilaksanakan di kelas V SDN Linggabudi Kota Cimahi terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran IPS SD. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 23,08% dan pada siklus II 88% Tuntas dari KKM. Kata Kunci : Inside-Outside Circle, pemahaman pembelajaran, IPS SD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 18:25 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 18:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8036 |
Actions (login required)
View Item |