PENGGUNAAN METODEINSIDE – OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SD TENTANG SEJARAH PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA PADA SISWA KELAS V

INDRIANI PUTRI PINANGGIH, AP, 115060069 (2016) PENGGUNAAN METODEINSIDE – OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SD TENTANG SEJARAH PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA PADA SISWA KELAS V. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
moto dan persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

Penelitian dengan menggunakan metode Inside-Outside Circle ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran IPS SD tentang sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan dan kemampuan pemahaman terhadap metode pembelajaran di SDN Linggabudi Kota Cimahi melalui metode Inside-Outside Circle. Karena dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah atau teacher centered yang bersifat konvensional membuat keaktifan siswa menjadi rendah.Hal tersebut dapat didasari karena kurang pahamnya siswa dalam pembelajaran karena menggunakan metode ceramah. Desain penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus, dengan ketentuan satu siklus dua kali tindakan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap proses pelaksanaan metode pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaan metode Inside-Outside Circle tentang sejarah perjuangan melawan penjajahan Belanda yang telah dilaksanakan di kelas V SDN Linggabudi Kota Cimahi terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran IPS SD. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 23,08% dan pada siklus II 88% Tuntas dari KKM. Kata Kunci : Inside-Outside Circle, pemahaman pembelajaran, IPS SD

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Aug 2016 18:25
Last Modified: 04 Aug 2016 18:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8036

Actions (login required)

View Item View Item