Siti Nurhasanah, 115060116 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
caver.docx Download (88kB) |
|
Text
PENGESAHAN, PERNYATAAN, MOTO.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, ABSTRAK, UCAPAN,.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (318kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
Abstract
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tergantung pada peranan guru dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran. Pembelajaran IPS pada materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia menjadi pembelajaran yang efektif bila di dukung dengan media pembelajaran yang tepat. Untuk mengetahui masalah diatas, penulis mengadakan penelitian di SDN Notosari Kabupaten Subang dengan tujuan: (a) Untuk dapat memperoleh gambaran tentang perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) (b)Untuk dapat mengimplementasikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) (c) Untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran IPS pada materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia penulis merumuskan adalah: (a) penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model STAD pada siswa kelas V SDN Notosari (b) siswa kelas V SDN Notosari mampu mengeluarkan pendapat dengan baik (c) model STAD dapat digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi Kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa kela V SDN Notosari. Model penelitian yang digunakan adalah model STAD. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut (a)siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar dalam mengelompokan 42,25%, mengajukan pertanyaan 46,5% dan mengeluarkan pendapat 45,25% dengan rata-rata pada siklus I. Sedangkan pada siklus dua pada aktivitas siswa mengalami peningkatan rata-rata mengelompokan 75%, mengajukan pertanyaan 62,5%, mengeluarkan pendapat 68,63%;(a)pada hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I 59,09% dan siklus II 90,90%artinya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN Notosari berhasil dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, penulis ingin menyampaikan beberapa saran diantaranya bahwa dengan melaksanakan pembelajaran hendaknya model STAD dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Kata kunci :Metode STAD. Aktivitas Belajar Siswa. Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 15:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 15:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7967 |
Actions (login required)
View Item |