DANDY SAPUTRA, 115060105 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 SIJUK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PEMERINTAHAN DESA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (133kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
Motto.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
BAB I - ACC.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II - ACC.docx Download (85kB) |
|
Text
BAB III - ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
BAB IV - ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
|
Text
BAB V - ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada guru harus menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana motivasi mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga perubahan tingkah laku dan persentase dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi pemerintahan desa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan metode pembelajaran yang bervariatif dan melibatkan siswa secara secara aktif. Penelitian ini menggunakan model cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran PKn. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam II siklus. Proses penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan penelitian sebagai mitra penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Sijuk Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan Tes dan Non Tes dengan jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar setiap siklusnya, apabila pencapaian secara klasikal jumlah siswa yang telah mencapai KKM minimal sebanyak 86% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Kata Kunci: Model cooperative learning tipe STAD, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 14:45 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 14:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7951 |
Actions (login required)
View Item |