Lestari,Anisa Mega, 215060102 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment Di Kelas V SDN 199 Sayuran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER-1.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDN 199 Sayuran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berbantuan media konkret dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 60 orang peserta didik yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan media konkret dan model pembelajaran konvensional berjalan lancar dan sesuai tahapan. Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan media konkret dibandinkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada kelas eksperimen menunjukan rata-rata yang lebih tinggi 64,55 atau 65%. Terdapat pengaruh pada penggunaan model Project Based Learning berbantuan media konkret dengan dibuktikan dari hasil uji hipotesis Mann-Whitney sebesar (0,003 > 0,05). Serta terdapat besaran pengaruh pada penggunaan model Project Based Learning berbantuan media konkret dengan nilai 0,725 dalam uji effect size dengan kategori sedang. Kata Kunci: Project Based Learning, Media Konkret, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:37 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |