PENGARUH KUALITAS PRODUK DAGING SAPI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PD. RIVAN SAPUTRA DI GARUT

Fazrilah, Intan Sarah Nur (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAGING SAPI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PD. RIVAN SAPUTRA DI GARUT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Final Skrisp Intan WISUDA-DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Final Skrisp Intan WISUDA-ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Final Skrisp Intan WISUDA-KATA PENGANTAR.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Final Skrisp Intan WISUDA-COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Final Skrisp Intan WISUDA-LEMPENG.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Final Skrisp Intan WISUDA-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Final Skrisp Intan WISUDA-BAB 2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Final Skrisp Intan WISUDA-BAB 1.pdf

Download (148kB)

Abstract

PD. Rivan Saputra adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis jual beli daging sapi potong dan telah beroperasi lama di pasar tradisional Ciawitali, Garut, Jawa Barat. Kualitas Produk merupakan suatu hal yang sangat penting yang berkaitan dengan Kepuasan Konsumen. Kualitas Produk bisa dilihat dari daya tahan produk dan fitur produknya yang menunjang Kualitas Produk yang baik dan berkaitan dengan aspek emosional konsumen dalam kepuasannya menikmati atau menggunakan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Produk tehradap Kepuasan Konsumen pada PD. Rivan Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif dengan Analisis Deskriptif, dan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah Teknik Random Sampling dengan rumus slovin Teknik Pengumpulan data dilakukai melalui observasi dan wawancara partisipan dengan Pemilik PD. Rivan, dan melalui angket. Teknik Pengolahan data yang dilakukan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Korelasi Rank Spearman, Uji Hipotesis, dan Uji Koefisien Determinasi menggunakan SPSS. Hasil Penelitian ini menunjukan sebesar 61,5% nilai Koefisien Determinasi yang mengartikan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pelatihan Kerja dengan Kompetensi Pegawai. Nilai Kontribusi dari faktor lain sebesar 38,5% yakni Cuaca, Kesehatan Sapi, Inflasi Ekonomi . Untuk meningkatkan kepuasan konsumen secara berkelanjutan, toko daging disarankan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan. Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan daging selalu dalam kondisi segar, higienis, dan ditangani sesuai standar keamanan pangan. Selain itu, toko juga sebaiknya melakukan kontrol kualitas secara rutin, mulai dari proses penerimaan barang, penyimpanan, hingga penyajian kepada pelanggan. Memberikan pelatihan kepada karyawan mengenai penanganan produk dan pelayanan yang baik juga dapat mendukung kualitas secara keseluruhan. Kualitas yang terjaga tidak hanya akan meningkatkan kepuasan konsumen, tetapi juga memperkuat loyalitas pelanggan dan memperluas pemasaran dari mulut ke mulut. Oleh karena itu, kualitas produk harus menjadi fokus utama dalam strategi pengelolaan toko daging. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2025 05:23
Last Modified: 02 Oct 2025 05:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78838

Actions (login required)

View Item View Item