NURCAHYATI,SIRRY, 215060113 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (909kB) |
![]() |
Text
ABSTARK.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (581kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatarbelakang pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, banyak peserta didik yang masih rendah dalam numerasi karena peserta didik merasa pembelajaran matematika kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Puzzle dengan membandingkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Negri 118 Tanjung, sedangkan objeknya adalah kelas V A dan V B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tipe Quasi Eksperiment dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pretest, posttest dan lembar observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Puzzle terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah dasar terjadi peningkatan. Pada aktivitas peserta didik dan guru setiap pertemuannya meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik. Hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen skor rata-rata 86% sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata 63%, artinya kelas yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan media Puzzle memiliki peningkatan yang lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sementara itu, untuk menghitung seberapa besar pengaruh model Project Based Learning berbantuan media Puzzle digunakan uji effect size dan mendapatkan nilai 3.14 yang termasuk kedalam kategori effect besar. Maka kesimpulannya penggunaan model Project Based Learning berbantuan media Puzzle memiliki effect yang besar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep matematis, model Project Based Learning dan media Puzzle.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:26 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |