MUSIK SEBAGAI MEDIA VALIDASI EMOSI (STUDI FENOMENOLOGI MUSIK SEBAGAI MEDIA VALIDASI EMOSI PADA GENERASI Z YANG MENDENGARKAN MUSIK GALAU DI KOTA BANDUNG)

Natawidjaja, Dhafin Cakrawala (2025) MUSIK SEBAGAI MEDIA VALIDASI EMOSI (STUDI FENOMENOLOGI MUSIK SEBAGAI MEDIA VALIDASI EMOSI PADA GENERASI Z YANG MENDENGARKAN MUSIK GALAU DI KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
SKRIPSI (COVER).pdf

Download (230kB)
[img] Text
SKRIPSI (KATA PENGANTAR).pdf

Download (250kB)
[img] Text
SKRIPSI (LEMBAR PENGESAHAN).pdf

Download (156kB)
[img] Text
SKRIPSI (ABSTRAK).pdf

Download (310kB)
[img] Text
SKRIPSI (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (162kB)
[img] Text
SKRIPSI (DAFTAR ISI).pdf

Download (172kB)
[img] Text
SKRIPSI (BAB2).pdf

Download (372kB)
[img] Text
SKRIPSI (BAB1).pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Musik sebagai Media Validasi Emosi pada Generasi Z” yang berangkat dari fenomena tingginya keterikatan Generasi Z terhadap musik dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana dalam mengelola dan memvalidasi emosi melalui komunikasi intrapersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana musik berfungsi sebagai media validasi emosi pada Generasi Z di Kota Bandung. Selain itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana motif, makna, dan tindakan Generasi Z di kota Bandung yang menjadikan musik sebagai media validasi emosi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan meggunakan teori regulasi emosi dan teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, lalu wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, motif Generasi Z dalam mendengarkan musik berhubungan dengan kebutuhan untuk menemukan representasi emosi dan kenyamanan emosional. Kedua, musik dimaknai sebagai ruang aman dan media ekspresi diri yang dapat memberikan validasi, penguatan, maupun pengalihan terhadap emosi yang dirasakan tanpa merasa dihakimi. Ketiga, tindakan nyata yang dilakukan terlihat melalui kebiasaan spesifik seperti membuat playlist sesuai suasana hati, mendengarkan lagu tertentu secara berulang, membeli tiket untuk menonton konser sampai merespons musik dengan ekspresi emosional maupun fisik. Kata kunci: Musik, Generasi Z, Fenomena, Validasi Emosi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 01 Oct 2025 06:42
Last Modified: 01 Oct 2025 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78768

Actions (login required)

View Item View Item