Darajatin,Sita, 185060069 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN KELAS IV TEMA 9 SUBTEMA 1 TERHADAP PEMAHAMAN SISWA SDN CANGKRING 01 KAB. BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
3. Lembar Penguji.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
6. Abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
7. Abstract.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
8. Ringkesan.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
10. Bab I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
11. Bab II.pdf Download (531kB) |
![]() |
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
![]() |
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
![]() |
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
![]() |
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap pemahaman siswa kelas IV SDN Cangkring 01 Kabupaten Bandung pada tema 9 subtema 1. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi IPA, khususnya pada topik sumber energi, yang salah satunya disebabkan kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan model pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa kelas IV yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dengan penggunaan media Wordwall dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol dengan media PowerPoint. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman siswa yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, uji Independent Sample t-Test, serta perhitungan effect size untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen setelah penggunaan Wordwall. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat secara signifikan. Temuan ini membuktikan bahwa media Wordwall mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, meningkatkan motivasi, serta membantu siswa memahami konsepkonsep IPA secara lebih menyenangkan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Wordwall berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas IV, khususnya pada materi sumber energi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru untuk lebih memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci: Pemahaman Belajar, Siswa Kelas IV, Word Wall, SDN Cangkring 01 dan Tema 9 Subtema 1.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:57 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |