APRILIA PUTRI NURUL, 215060136 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Ekperimen Pada Kelas II Di SDN 033 Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas 2 di SDN 033 Asmi Bandung yaitu kurangnya kemampuan membaca permulaan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk pengaruh kemampuan membaca peserta didik sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi ekperiment. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik di kelas 2 SDN 033 Asmi Bandung dan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas 2C yang dimana menjadi kelas ekperimen dan kelas 2D menjadi kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui hasil pretest, posstest dan lembar observasi kemudian kemudian di analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, ujin-gain dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Kartu Kata terhadap peserta didik yang tidak menggunakan model konvensional, nilai prettest rata-rata kelas 2C 54,07 sedangkan pada hasil posttest 84,57. Pada kelas 2D ddengan nilai pretest 53,86 sedangkan hasil posttest dengan rata-rata 67,36. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Kooperatif Tipe Team Games Tournament berbantuan media kartu kata dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional memiliki pengaruh dengan niali n-gain kelas 2C 64% dikategorikan sedang dan nilai kelas 2D sebesar 23% dikategorikan rendah. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa penggunaan model Kooperatif Tipe Team Games Tournament berbantuan media Kartu kata memiliki pengaruh dengan nilai effect size sebesar 2,51 ddengan kategori tinggi. Kata kunci: kooperatif tipe team games toutnament, kartu kata, kemampuan membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:31 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |