KHAERUNISA RIDA, 215060034 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Studi Penelitian Quasi Eksperimental kelas V SDN 164 Karangpawulang Kota Bandung Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER-1.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas V SDN 164 Karangpawulang kota Bandung serta masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran pada proses belajar mengajar. Pembelajaran IPAS hendaknya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bersikap aktif dalam menemukan konsep pembelajaran. Maka dari itu digunakannya model Problem Based Learning berbantuan media interaktif canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPAS yang lebih baik serta efektif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran IPAS menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media interaktif canva, dan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media interaktif canva, terhadap kemampuan berpikir peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Grup Class Design. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis yang berupa soal PG sebanyak 16 dan essay berjumlah 5 butir soal, observasi dan dokumentasi. Tes terdiri dari Pretest dan Posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media interaktif canva, dengan kelas kontrol didasarkan pada hasil Uji N-Gain yang dihasilkan nilai kelas eksperimen 0,7675 termasuk kategori tinggi dan nilai kelas kontrol 0,5637 termasuk kategori tidak ada perubahan dan hasil uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai yang signifikan yaitu 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media interaktif canva, terhadap kemampuan berpikir peserta didik pada pelajaran IPAS kelas V di SDN 164 Karangpawulang kota Bandung. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Media Interaktif Canva.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:11 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |