Aghnia Syara Silma, 215030023 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS VLOG EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMIRSA PEMELAJAR BIPA 4 DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia saat ini berkembang dengan sangat cepat. Namun, saat ini teknologi yang digunakan dalam pembelajaran BIPA ini masih kurang dikuasai oleh para pengajar BIPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan pengembangan media interaktif berbasis vlog edukatif bagi pemelajar BIPA 4 dan mengehahui peningkatan keterampilan memirsa di Bandung Independent School. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode Research and Development (R & D) dan model 4D. Model 4D terdiri dari define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa karakteristik media ajar yang digunakan di Bandung Independent School bersifat autentik, yaitu materi yang diambil langsung dari sumbernya seperti internet, youtube, dan gambar. Pemanfaatan media digital untuk media ajar masih sangat terbatas dan belum mendukung pembelajaran secara aktif dan interaktif. Pengembangan menggunakan model 4D menunjukkan bahwa pengembangan media ajar interaktif akan bersifat sistematis. Keterpaduan antara kebutuhan pemelajar, teori kemampuan memirsa, dan elemen yang ada di vlog edukatif menghasilkan media ajar yang efektif bagi pemelajar BIPA 4. Kelayakan dan efektivitas vlog edukatif diketahui dengan melalui validasi oleh para ahli dan respon dari pengajar dan pemelajar BIPA 4. Sehingga, hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa media interaktif ini layak, efektif, dan mampu meninngkatkan motivasi pemelajar BIPA 4 dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci : Media Interaktif, Keterampilan Memirsa, Vlog Edukatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:05 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |