PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

PUTRI MELANIE, 205040094 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan esensial abad ke-21 yang perlu dikembangkan sejak dini pada siswa, khususnya dalam mata pelajaran Biologi yang menuntut kemampuan analisis dan pemahaman konsep ilmiah secara mendalam. Berpikir kritis memungkinkan individu untuk menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, menarik kesimpulan logis, serta mengambil keputusan yang rasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran integratif berbantuan aplikasi Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bioteknologi. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group pada dua kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-gain pada kelas eksperimen memperoleh kategori tinggi sebanyak 85,2% dan kategori rendah sebanyak 14,8%. Sedangkan kelas pembanding memperoleh kategori tinggi sebanyak 55,6% dan kategori rendah sebanyak 44,4%. Analisis data menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 terdapat perbedaan signifikan antara hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas pembanding. Selain itu, angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran integratif berbantuan aplikasi canva sebanyak 97%. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran integratif berbantuan aplikasi Canva memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Berpikir Kritis, Bioteknologi, Canva, Pembelajaran Integratif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:34
Last Modified: 23 Sep 2025 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78513

Actions (login required)

View Item View Item