PUTRI MELANIE, 205040094 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan esensial abad ke-21 yang perlu dikembangkan sejak dini pada siswa, khususnya dalam mata pelajaran Biologi yang menuntut kemampuan analisis dan pemahaman konsep ilmiah secara mendalam. Berpikir kritis memungkinkan individu untuk menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, menarik kesimpulan logis, serta mengambil keputusan yang rasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran integratif berbantuan aplikasi Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bioteknologi. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group pada dua kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-gain pada kelas eksperimen memperoleh kategori tinggi sebanyak 85,2% dan kategori rendah sebanyak 14,8%. Sedangkan kelas pembanding memperoleh kategori tinggi sebanyak 55,6% dan kategori rendah sebanyak 44,4%. Analisis data menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 terdapat perbedaan signifikan antara hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas pembanding. Selain itu, angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran integratif berbantuan aplikasi canva sebanyak 97%. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran integratif berbantuan aplikasi Canva memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Berpikir Kritis, Bioteknologi, Canva, Pembelajaran Integratif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:34 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |