Irianto, Ando Dwi (2025) STRATEGI KOMUNIKASI BIRO UMUM DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF SEKRETARIAT DAERAH JAWA BARAT(Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Melalui Instagram @biro_umumjabar). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
Cover .pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (185kB) |
Abstract
Citra merupakan sesuatu yang tidak bisa dideskripsikan, tetapi berkaitan dengan keyakinan dan persepsi yang diperoleh dari khalayak melalui informasi yang didapatkan. Citra pemerintahan yang buruk bisa menjadi perhatian serius karena dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Biro Umum dalam mempertahankan citra positif dari Sekretariat Daerah Jawa Barat melalui media sosial instagram @biro_umumjabar. Karena di zaman sekarang media sosial sudah menjadi hal yang sering digunakan oleh masyarakat umum, sehingga hal tersebut juga akan berkaitan dengan strategi komunikasi dalam menyusun sebuah konsep ide konten agar pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh khalayak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, untuk mencari informasi tentang gejala yang ada dan menentukan secara jelas tujuan yang ingin dicapai. Dengan melakukan observasi, wawancara dengan informan, dan dokumentasi, sehingga data yang didapatkan akan banyak dan dapat dijelaskan secara mendalam. Strategi komunikasi dalam mempertahankan citra melalui media sosial instagram dilakukan dengan menentukan khalayak sebagai target penerima pesan dan harus bisa menarik minat dari khalayak, lalu dengan memilih media komunikasi yang akan digunakan, kemudian akan menyusun sebuah pesan atau informasi yang akan disampaikan kepada khalayak, dan juga dengan menetapkan sebuah metode penyampaian pesan. Secara garis besar tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Biro Umum dalam mempertahankan citra positif Sekretariat Daerah Jawa Barat melalui media sosial instagram @biro_umumjabar, sesuai dengan teori strategi komunikasi dari Anwar Arifin (1984). Dengan empat komponen sebelum melakukan sebuah strategi komunikasi yaitu menentukan khalayak, menyusun pesan, pemilihan media komunikasi, dan menetapkan metode. Dari segi menentukan khalayak Biro Umum sudah bisa menarik minat masyarakat untuk melihat instagram mereka. Dari segi pemilihan media komunikasi, pemilihan instagram sebagai alat komunikasi sudah tepat karena sudah banyak masyarakat yang menggunakannya. Dari segi menyusun pesan atau menyusun ide konten, sudah efektif dan informasi yang disampaikan sudah jelas. Dan dari segi menetapkan metode redudancy dan canalizing, Biro Umum sudah melakukannya dengan baik, dengan melakukan pengulangan pesan sedikit demi sedikit sehingga masyarakat mudah memahami informasi yang disampaikan, dan memahami karakter masyarakat dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga strategi komunikasi yang dilakukan efektif dan citra Sekretariat Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Citra
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:04 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |