IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMK

SELFIANA VIA, 215050004 (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy merupakan dua komponen penting yang sangat mempengaruhi proses dan hasil belajar matematika peserta didik. Dalam pratiknya, kedua aspek tersebut masih menunjukkan kecenderungan rendah, khususunya pada siswa SMK Pasundan 2 Bandung. Berdasarkan observasi yang dilakukan, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika yang bersifat abstrak serta kurang memiliki rasa percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal yang menunutut pemikiran tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMK melalui penerapan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot. Metode penelitian yang digunakan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design yang melibatkan du akelas XI SMK yang dipilih secara purposive. Kelas eksperimen menggunakan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan penalaran dan self-efficacy yang telah divalidasi sebelumnya. Teknis analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji-t independent, serta uji korelasi Pearson untuk melihat hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan perlakuan model Problem-based Learning berbantuan Kahoot secara signifikan lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Demikian pula, self-efficacy siswa pad akelas eksperimen menglami peningkatan yang signifikan, menunjukkan bahwa penerapan model ini dapat membangun rasa percaya diri siswa menghadpi tantangan pembelajaran matematika. Kata Kunci: kemampuanpenalaran matematis, self-efficacy, model Problem-based Learning, Kahoot.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:29
Last Modified: 22 Sep 2025 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78465

Actions (login required)

View Item View Item