PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL

NURFITRIANI ZEHANIA, 215050005 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (559kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (619kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataanya menunjukkan bahwa keduanya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall dan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; 2) mengetahui apakah self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran Problem-Based Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; 3) mengetahui korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 16 Bandung, dengan sampel penelitian kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran tipe penyisipan (The Embedded Design). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self-concept, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa: 2) self-concept siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Concept, Model Problem-Based Learning, Wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:31
Last Modified: 18 Sep 2025 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78420

Actions (login required)

View Item View Item