PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA ( Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2024/2025)

PURNAMA MELVA FADIA, 215020020 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA ( Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, yang ditunjukkan oleh hasil observasi dan data PISA 2022, serta perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (quasi eksperimen) melalui desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan Canva dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif berdasarkan indikator Torrance (fluency, flexibility, originality, elaboration). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest kelas eksperimen sebesar 42,91 dan rata-rata skor posttest sebesar 59,78. Sedangkan pada kelas control rata-rata skor pretest sebesar 48,55 dan skor posttest sebesar 52,76. Nilai signifikansi dari uji independent sample t-test menunjukkan hasil 0,01 < 0,05, dan hasil uji effect size sebesar 1,53 yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Project Based Learning berbantuan Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, model pembelajaran ini efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, dan disarankan untuk digunakan dalam proses pembelajaran yang menekankan pada pengembangan keterampilan abad 21. Kata Kunci: Project Based Learning, Canva, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:28
Last Modified: 09 Sep 2025 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78322

Actions (login required)

View Item View Item