PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT

MARITZA,SADIRA VERDA, 215050025 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (324kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (280kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (491kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan self-regulated learning merupakan aspek penting dalam keberhasilan pembelajaran matematika khususnya pada jenjang SMK. Namun kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa SMK masih tergolong rendah. Penerapan model problem-based learning berbantuan Kahoot menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kedua aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; 2) mengetahui self-regulated learning peserta didik pada kedua model pembelajaran tersebut; dan 3) mengetahui korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model problem-based learning berbantuan Kahoot. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMK Nasional Bandung. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes yang mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non tes berupa angket self-regulated learning. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model problem-based learning berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa. 2) Self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model problem-based learning berbantuan Kahoot lebih baik daripada dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah dan self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model problem-based learning berbantuan Kahoot. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-regulated Learning, Model Problem-based Learning. Kahoot.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:43
Last Modified: 12 Aug 2025 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77683

Actions (login required)

View Item View Item