SAFA SALSABILA ARNETA, 215040051 (2025) MEMBANGUN KETERAMPILAN RELEVANSI DALAM MENILAI DAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS): (Pengembangan Indikator Ke-2 Digital Habits of Mind). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (684kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun keterampilan relevansi peserta didik dalam menilai dan mengidentifikasi informasi digital melalui pembelajaran biologi berbasis Internet of Things (IoT), dengan fokus pada materi peranan serangga dalam ekosistem. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi kesesuaian, kedalaman, dan aplikasi praktis dari informasi digital yang mereka peroleh di ruang maya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain preeksperimental tipe one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas X-6 di SMA Negeri 22 Bandung, dengan instrumen berupa tes keterampilan relevansi, tes penguasaan konsep, angket motivasi belajar, lembar respons peserta didik, serta instrumen observasi dan rubrik penilaian. Data dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek keterampilan relevansi setelah pembelajaran berbasis IoT diterapkan. Aspek kesesuaian informasi dengan topik meningkat rata-rata sebesar 24,8 poin, kedalaman pembahasan meningkat 21,7 poin, dan aplikasi praktis meningkat 26,1 poin dari skor awal. Penguasaan konsep peserta didik juga mengalami peningkatan berdasarkan hasil uji N-Gain dengan rata-rata kategori sedang. Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara keterampilan relevansi dan penguasaan konsep. Respons peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan kecenderungan sangat positif, ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar serta minat terhadap data real-time dari perangkat IoT. Selain itu, lembar kerja peserta didik dan observasi guru menunjukkan bahwa peserta didik aktif mengevaluasi informasi berdasarkan konteks pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis IoT efektif dalam membangun keterampilan relevansi ix peserta didik, memperkuat pemahaman konsep ekosistem, dan menumbuhkan kebiasaan berpikir reflektif serta kritis terhadap informasi digital. Saran dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan media pembelajaran terintegrasi IoT yang lebih adaptif, pelatihan literasi digital yang berfokus pada aspek evaluatif, serta kolaborasi lintas mata pelajaran untuk memperluas aplikasi keterampilan relevansi dalam konteks pembelajaran lainnya. Kata Kunci: keterampilan relevansi, literasi digital, Internet of Things (IoT), pembelajaran Biologi, peranan serangga, ekosistem.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:43 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |