PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN GRASPABLE MATH

MAULANA,IQBAL, 215050020 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN GRASPABLE MATH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (714kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan keterampilan self-regulated learning merupakan aspek yang penting dalam keberhasilan pembelajaran matematika khusunya pada jenjang SMA. Namun Kemampuan koneksi matematis dan keterampilan self-regulated learning siswa SMA di salah satu Kabupaten Bandung masih tergolong rendah. Penerapan model Problem-based learning berbantuan Graspable math menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kedua aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan aplikasi Graspable Math lebih timggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional tanpa bantuan aplikasi; (2) Mengetahui apakah Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Graspable Math lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakannya; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan koneksi matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang belajar dengan model ProblemBased Learning berbantuan Graspable Math. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas X di SMA Kabupaten Bandung, yaitu kelas X-10 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbantuan Graspable Math dan kelas X-11 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian (pretest dan posttest) serta angket SRL. Data dianalisis menggunakan SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian koneksi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. (2) Self-regulated learning siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; dan (3) Terdapat korelasi positif antara koneksi matematis dan SRL siswa. Kata Kunci: Koneksi Matematis, Self-Regulated Learning, Problem-Based Learning, Graspable Math.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:22
Last Modified: 31 Jul 2025 06:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77577

Actions (login required)

View Item View Item