SILMI NURFARIDAH, 115060297 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (22kB) |
|
Text
lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
moto.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
lembar pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di SD Negeri Coblong Bandung, khususnya di kelas IV pada mata pelajaran IPS tentang Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang peneliti temukan pada saat melaksanakan observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Coblong Bandung dalam pembelajaran IPS pada materi Keragaman Sosial dan Budaya berdasarkan Kenampakan Alam melalui model Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Dari kreativitas siswa pada siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 78,38% dengan kategori baik, selanjutnya pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 89,19% dengan kategori sangat baik, sedangkan prestasi belajar pada siklus I dengan jumlah siswa 37 siswa yang mencapai KKM 51,35%, selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan siswa yang mencapai KKM sebesar 78,37%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Coblong Bandung pada mata pelajaran IPS tentang Keragaman Sosial dan Budaya berdasarkan Kenampakan Alam. Kata Kunci: Kreativitas, Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 14:53 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 14:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7750 |
Actions (login required)
View Item |