PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

SILMI NURFARIDAH, 115060297 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (22kB)
[img] Text
lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
moto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
lembar pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di SD Negeri Coblong Bandung, khususnya di kelas IV pada mata pelajaran IPS tentang Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang peneliti temukan pada saat melaksanakan observasi. Permasalahan tersebut yaitu adanya penurunan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Coblong Bandung dalam pembelajaran IPS pada materi Keragaman Sosial dan Budaya berdasarkan Kenampakan Alam melalui model Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Dari kreativitas siswa pada siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 78,38% dengan kategori baik, selanjutnya pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 89,19% dengan kategori sangat baik, sedangkan prestasi belajar pada siklus I dengan jumlah siswa 37 siswa yang mencapai KKM 51,35%, selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan siswa yang mencapai KKM sebesar 78,37%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Coblong Bandung pada mata pelajaran IPS tentang Keragaman Sosial dan Budaya berdasarkan Kenampakan Alam. Kata Kunci: Kreativitas, Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:53
Last Modified: 03 Aug 2016 14:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7750

Actions (login required)

View Item View Item