PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN MULTIMEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS

ANGGITA PRAMITHA SARI, 115060091 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN MULTIMEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (52kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI dll.docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (129kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
Bab V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & RIWAYAT HIDUP.docx

Download (53kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Jerukmipis Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode role playing dan pemanfaatan multimedia power point. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas yang sebagian besar kurang aktifnya dalam proses pembelajaran dan mendapat hasil belajar di bawah KKM, dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan media atau metode pelajaran yang lain khususnya metode role playing dan multimedia power point belum pernah dilaksanakan. Pada penelitian ini materi yang dibahas adalah tentang keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia dengan menggunakan metode role playing dan pemanfaatan multimedia power point. Jumlah siswa kelas IV adalah 25 orang, yang terdiri dari 18 orang siswa perempuam dan 7 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing dan multimedia power point dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 62 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 76 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan metode role playing dan multimedia powerpoint dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya bangsa Indonesia pada pelajaran IPS. Dengan demikian, penggunan metode dan media tersebut dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata kunci: Metode role playing, multimedia power point, keaktifan dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Aug 2016 14:19
Last Modified: 03 Aug 2016 14:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7740

Actions (login required)

View Item View Item