PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ASSEMBLR EDU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung)

SANTIKA SANIA, 215060078 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ASSEMBLR EDU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (876kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying, Kota Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan media Assemblr Edu terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh model Project Based Learning berbantuan media Assemblr Edu lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; dan 3) Untuk mengukur seberapa besar pengaruh model Project Based Learning berbantuan media Assemblr Edu terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan nonequivalent control group design. Instrumen terdiri dari lembar observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar matematika. Lembar observasi dan soal tes divalidasi oleh ahli dan diuji coba, hasilnya dinyatakan layak. Sampel penelitian berjumlah 50 orang siswa yang terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan media Assemblr Edu dan model pembelajaran konvensional yang berkategori sangat baik sesuai sintaks; 2) Peningkatan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh model Project Based Learning berbantuan media Assemblr Edu lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; dan 3) Penggunaan model Project Based Learning berbantuan media Assemblr Edu berpengaruh positif dengan kategori sedang. Kata Kunci: Project Based Learning, Media Assemblr Edu, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:40
Last Modified: 23 Jul 2025 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77119

Actions (login required)

View Item View Item