PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) BERBANTUAN ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

OKTAPIANTI BUNGA YASMIN, 215060139 (2025) PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) BERBANTUAN ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (571kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik di SDN Giriharja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran peserta didik yang menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan rara-rata kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu, dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Sampel penelitian berjumlah 50 orang peserta didik yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 25 orang peserta didik dan kelompok kontrol 25 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa (1) gambaran proses pembelajaran menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu dengan sangat baik dengan rata-rata hasil observasi guru dan peserta didik sebesar 94% serta pembelajaran konvensional dengan rata-rata hasil observasi guru dan peserta didik sebesar 87%, (2) terdapat perbedaan rata-rata signifikan kemampuan pemahaman matematis yang menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu, dan (3) terdapat pengaruh pada penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu dengan nilai 0,691 dalam uji effect size dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Culturally Responsive Teaching, Assemblr Edu, Kemampuan Pemahaman Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:11
Last Modified: 23 Jul 2025 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77116

Actions (login required)

View Item View Item