Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-efficacy Siswa SMA melalui Model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot.

HAMBALI SABRINA ASRIYANTI, 215050022 (2025) Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-efficacy Siswa SMA melalui Model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMA yang memperoleh model PBL berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) mengetahui apakah peningkatan self-efficacy siswa SMA yang memperoleh model PBL berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) mengetahui apakah korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-efficacy siswa SMA yang memperoleh model PBL berbantuan Kahoot; (4) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran PBL berbantuan Kahoot terhadap peningkatan kemampuan koneksi siswa SMA; (5) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran PBL berbantuan Kahoot terhadap peningkatan self-efficacy SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model PBL berbantuan Kahoot dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan koneksi matematis dan skala self-efficacy yang telah diujikan kepada siswa dan angket yang telah divalidasi oleh para ahli. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model PBL berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) peningkatan Selfefficacy peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model PBL berbantuan kahoot; (4) efektivitas pembelajaran PBL berbantuan Kahoot terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa tergolong sangat besar; (5) efektivitas pembelajaran PBL berbantuan Kahoot terhadap peningkatan self-efficacy siswa tergolong sedang. Kata Kunci: Problem Based-learning, koneksi matematis, self-efficacy, kahoot

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:12
Last Modified: 22 Jul 2025 08:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77115

Actions (login required)

View Item View Item