HAMBALI SABRINA ASRIYANTI, 215050022 (2025) Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-efficacy Siswa SMA melalui Model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMA yang memperoleh model PBL berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) mengetahui apakah peningkatan self-efficacy siswa SMA yang memperoleh model PBL berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) mengetahui apakah korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-efficacy siswa SMA yang memperoleh model PBL berbantuan Kahoot; (4) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran PBL berbantuan Kahoot terhadap peningkatan kemampuan koneksi siswa SMA; (5) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran PBL berbantuan Kahoot terhadap peningkatan self-efficacy SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model PBL berbantuan Kahoot dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan koneksi matematis dan skala self-efficacy yang telah diujikan kepada siswa dan angket yang telah divalidasi oleh para ahli. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model PBL berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) peningkatan Selfefficacy peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model PBL berbantuan kahoot; (4) efektivitas pembelajaran PBL berbantuan Kahoot terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa tergolong sangat besar; (5) efektivitas pembelajaran PBL berbantuan Kahoot terhadap peningkatan self-efficacy siswa tergolong sedang. Kata Kunci: Problem Based-learning, koneksi matematis, self-efficacy, kahoot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |