PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KAHOOT

FARADILA SEPTINA ANANDA, 215050021 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KAHOOT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa SMP, berdasarkan hasil prapenelitian, ditemukan bahwa siswa masih belum memahami konsep dalam pembelajaran matematika. Di dalam proses pembelajaran, diperlukan rasa percaya diri yang positif agar siswa dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi. Salah satu aspek yang relevan adalah self-concept siswa. Self-concept merupakan evaluasi diri individu yang mencakup pemahaman tentang kekuatan dan kelemahan serta bagaimana individu merencanakan visi dan misinya dalam hidup. Berdasarkan fakta-fakta di atas salah satu faktor rendahnya konsep diri disebabkan oleh faktor internal seperti persepsi siswa bahwa matematika itu sulit dan juga faktor eksternal seperti model pembelajaran guru yang cenderung pasif. Salah satu model pembelajaran sebagai alternatif solusi dari masalah tersebut adalah Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model discovery learning berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui selfconceptsiswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan Kahoot lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui adanya korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman matematis dengan self-concept siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan Kahoot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan terhadap populasi siswa SMP di Kabupaten Bandung dengan sampel penelitian yang diambil dari siswa kelas VIII pada salah satu sekolah negeri di Kabupaten Bandung terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model discovery learning berbantuan Kahoot dan kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen tes yang digunakan adalah berupa soal kemampuan pemahaman matematis dan instrumen non-tes berupa angket self-concept. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 23.0 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model discovery learning berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Selfconceptsiswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan Kahoot lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan self-concept siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan Kahoot. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-Concept, Discovery Learning, Kahoot.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:54
Last Modified: 22 Jul 2025 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77113

Actions (login required)

View Item View Item