PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR

Puteri Cahyani Adzkarina, 215060099 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (933kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya capaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran muatan lokal di SD Negeri Rancamanyar 01. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui proses pembelajaran kelas eksperimen dan kontrol, (2) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Canva, (3) mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Canva terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta kelas V SD Negeri Rancamanyar 01, dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji N-Gain ternormalisasi dan uji Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa (1) proses pembelajaran di kelas eksperimen dan kontrol berjalan dengan baik, ditunjukkan oleh hasil observasi yang mencapai 84% pada kelas eksperimen dan 81% pada kelas kontrol, (2) terdapat peningkatan hasil belajar yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Canva dengan nilai 0,68 dalam uji N-Gain dengan kategori tinggi, (3) terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Canva dengan nilai 1,630 dalam uji effect size dengan kategori besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Canva terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Rancamanyar 01. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Muatan Lokal, Canva

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:25
Last Modified: 18 Jul 2025 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77085

Actions (login required)

View Item View Item