PUSPITASARI,PIA, 215060075 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta didik di SDN 066 Halimun). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (948kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SDN 066 Halimun Bandung, khususnya di kelas III. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi kahoot dan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara kedua model pembelajaran tersebut, (3) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang peroleh model problem based learning berbantuan aplikasi kahoot dengan model pembelajaran konvensional serta (4) mengetahui Seberapa besar pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemahaman konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 066 Halimun Bandung yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi kahoot, dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran proses pembelajaran pada kedua kelompok berjalan sesuai dengan sintaks masing-masing model. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara kedua kelompok. (3) Peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi kahoot lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan nilai N-gain sebesar 0,76 (kategori tinggi). (4) dan hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 5,63 yang termasuk dalam kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi dari penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi kahoot terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci: Problem based learning , peningkatan pemahaman konsep matematis, kahoot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |