PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS PADA PESERTA DIDIK DI KELAS V SD

SIPARAGA WITRI NURANI, 215060142 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS PADA PESERTA DIDIK DI KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (947kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPAS pada peserta didik di kelas V SDN 033 Asmi Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Canva terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS pada peserta didik di kelas V SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan, yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 033 Asmi Kota Bandung yang berjumlah 139 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 28 orang. Adapun dua kelas yang digunakan, yaitu kelas eksperimen sebanyak 14 orang dan kelas kontrol sebanyak 14 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis tes yaitu instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dan instrumen nontes berupa observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan uji Paired Sample t-test dan uji effect size dengan bantuan IBM SPSS Statistic 29. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Canva terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS pada peserta didik di kelas V SD. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample t-test dengan nilai Sig. (2-tailed atau two-sided p) sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Canva terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS pada peserta didik di kelas V SD. Berdasarkan hasil uji effect size ditemukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Canva terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS pada peserta didik di kelas V SDN 033 Asmi Kota Bandung sebesar 1,288 yang termasuk pada kategori sangat besar. Kata Kunci: Problem Based Learning, Canva, Pemahaman Konsep IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:09
Last Modified: 16 Jul 2025 02:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77068

Actions (login required)

View Item View Item