PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen Kelas IV di SD Ganesha Kota Bandung)

INTAN DAENG, 215060066 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen Kelas IV di SD Ganesha Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Text
PENGESAHAAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IV SD pada materi Bangun Datar. Penelitian ini dilakukan di SD Ganesha Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Populasi penelitian ini terdiri dari 19 peserta didik kelas IV A (eksperimen) dan 19 peserta didik IV B (kontrol) di SD Ganesha Kota Bandung. Kelas IV A menerima perlakuan berupa modelProject Based Learning berbantuan wordwall, sedangkan untuk kelas IV B hanya menggunakan pembelajaran seperti biasa. Data dikumpulkan melalui hasil pretest dan posttest dan lembar observasi kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji gain ternor malisasi dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukan peningkatan yang signifikan dengan menggunakan uji gain ternormalisasi dengan nilai 0,2990%. Selain melalui uji gain ternomalisasi, pengaruh signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dengan menggunakan uji effect size dengan nilai sebesar 1,431. Kesimpulannya terdapat peningkatan dan pengaruh yang signifikan pada kemempuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model project based learning berbantuan wordwall dan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Wordwall, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:23
Last Modified: 15 Jul 2025 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77055

Actions (login required)

View Item View Item