PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP PEMAHAMAN TEKS NEGOSIASI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 17 BANDUNG

SYAHPUTRA KRISNA, 215030010 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP PEMAHAMAN TEKS NEGOSIASI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 17 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (950kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam memahami dan menganalisis teks negosiasi. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang kreatif dan informatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model kooperatif berbantuan media Baamboozle serta untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model tersebut dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah, diskusi, dan media PowerPoint. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain nonequivalent control group. Data yang dikumpulkan mencakup hasil prates dan pascates dari peserta didik di kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran memperoleh skor 55 dengan nilai 90,1 (kategori baik), sedangkan pelaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 46 dengan nilai 95,8 (kategori sangat baik). Dari segi kemampuan peserta didik, kelas eksperimen yang menerapkan model Baamboozle memperoleh nilai rata-rata 93,1 (kategori sangat baik), sementara kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 81,7 (kategori baik). Temuan ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan pemahaman yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mendukung hipotesis bahwa model pembelajaran kooperatif berbantuan media Baamboozle efektif dalam meningkatkan pemahaman teks negosiasi. Selain itu, uji Mann Whitney juga menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menegaskan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran ini terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Baamboozle, Pemahaman Teks Negosiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:33
Last Modified: 14 Jul 2025 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77049

Actions (login required)

View Item View Item