SULASTRI INNE, 215060007 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas III di SD Negeri Belendung IV Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, kuisioner/angket, dan dianalisis dengan uji analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, homogenitas, N-Gain dan uji effect size menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SD Negeri Belendung IV dengan hasil uji independen test sebesar sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian peningkatan terhadap motivasi belajar peserta didik diukur dengan Uji-Gain dengan hasil kelas eksperimen sebesar 37.8443 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 27.8860 dengan kategori rendah. Kemudian pengaruh dalam penggunaan model project based learning dapat dilihat dari perolehan uji effect size sebesar 2,1 dengan interpretasi sangat besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model model project based learning berpengaruh terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPAS di SD Negeri Belendung IV Kabupaten Karawang. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Motivasi Belajar, Peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 04:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 04:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |